Senin, 23 Januari 2012

Contoh Pidato Bahasa Indonesia



Peringatan Hari Pahlawan
Oleh : Astiawan Handi Pradana

Assalamu’alaikum Warakhmatullahi wabarakatuh
Bapak ibu hadirin yang terhormat,
    Hari ini,tepatnya tanggal 10 November merupakan hari yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia. Karena pada hari ini tepatnya 66 tahun yang lalu,para pahlawan - pahlawan kita bertempur dan berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itulah setiap tanggal 10 November kita memperingati Hari Pahlawan.
    Namun,kita lihat akhir-akhir ini peringatan hari pahlawan kurang mendapat perhatian dari generasi sekarang. Tak sedikit orang yang lupa dengan hari itu, bahkan tidak mengetahuinya sama sekali. Seakan-akan hari pahlawan bukan lagi dianggap sebagai sesuatu yang penting dan bukan lagi menjadi peristiwa yang luar biasa. Jika sudah seperti itu, berarti bangsa kita telah melupakan jasa-jasa para pahlawanya. Memang pada setiap sekolah dan beberapa instansi diadakan upacara peringatan hari pahlawan. Namun, dalam kegiatanya tidak sedikit peserta upacara yang mengikuti upacara dengan sikap yang justru bertentangan dengan sikap para pahlawan, padahal seharusnya kita bisa mengikuti upacara tersebut dengan khidmat. Karena inti dari upacara peringatan hari pahlawan adalah agar kita bisa mengingat kembali jasa-jasa para pahlawan, menjalankan pesan dan amanat mereka, bertanggung jawab dengan apa yang telah mereka titipkan pada kita dan meresapi apa yang telah mereka korbankan untuk bangsa ini sehingga kita bisa hidup merdeka seperti sekarang ini. Paling tidak sikap-sikap seperti itulah yang harus kita tanamkan pada diri kita masing-masing dan generasi-generasi sesudah kita.
     Mari kita buktikan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawanya. Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Mohon maaf bila terdapat banyak kesalahan.
Terima kasih
Wassalamu’alaikum Warakhmatullahi wabarakatuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar