Senin, 16 April 2012

Brisbane Roar


Brisbane Roar Football Club (Sebelumnya Queensland Roar Football Club) merupakan sebuah klub sepak bola profesional dari Brisbane, Queensland, Australia yang bersaing dalam kompetisi A-League Hyundai nasional. Musim lalu (2010-2011) klub ini sukses menjuarai A-League sehingga musim ini berkesempatan berlaga di AFC Champions League sebagai wakil Australia. Klub yang bermarkas di Suncorp Stadium ini 100% sahamnya telah dimiliki oleh Bakrie Group yang kemudian menunjuk Dali Tahir sebagai Chairman klub tersebut.

"Ini adalah langkah signifikan untuk Hyundai A-League dengan Brisbane Roar menjadi tim profesional Australia pertama yang memiliki pemilik dari Asia," ucap Ketua Hyundai A-League, Lyall Gorman.

"Kami bisa melihat berbagai kesempatan menarik di masa depan untuk Roar dan sepakbola Australia di bawah kerjasama dengan Grup Bakrie ini, yang mana punya banyak investasi sepakbola di Asia, Eropa, Amerika Selatan, dan kini Australia."

"Yang paling penting, Grup Bakrie dipenuhi orang-orang yang sangat mencintai sepakbola. Mereka akan memberikan masukan ide serta pemahaman baru terhadap kompetisi nasional kami," tukas Gorman.


Kronologi Pembelian
Saat itu Bakrie Group yang memang sedang berminat membeli Klub asal Australia mendapat tawaran dari FFA (federasi sepakbola Australia) untuk 100% saham Brisbane Roar. Karena sejak akhir musim 2010-11, kepemilikan Brisbane memang dimiliki oleh FFA.

"Karena sudah ada green light seperti itu, kita jajaki. Apalagi mereka kan klub juara. Saya bersama pak Dali Tahir sempat ikut meeting di Sidney."

"Setelah beberapa kali ketemu, tiga atau empat kali, bolak-balik, mereka sempat ke Jakarta juga, akhirnya kita setujui. Tapi kita tak mau 100%. Kita mau 70% dulu. Kita ingin belajar dulu situasinya."

"Baru nanti kalau sudah tahu situasinya, kita pikirkan akan diapakan yang 30% lagi. Apakah akan dijual kepada pengusaha lokal, atau akan kita beli sekalian," tukas Rahim.

Pada hasilnya, pada hari Senin 6 Februari 2012, Roar mengumumkan lewat situs resminya bahwa mereka sudah sepenuhnya (100%) menjadi milik Bakrie, melalui PT. Pelita Jaya Cronus.
Bakrie Group kuasai 100% saham Roar
Sementara itu, Presiden PT. Pelita Jaya Cronus, Aga Bakrie, menilai bahwa A-League sebagai salah satu kompetisi yang paling menjajikan di Asia. Ini, disebutnya, menjadi salah satu alasan Bakrie memilih Brisbane Roar  dan A-League.

"Grup Bakrie melihat potensi besar dari Hyundai A-League sebagai salah satu kompetisi klub profesional terbaik di Asia dan kami ingin Brisbane Roar ada di barisan depan dalam pengembangan ini."
Jersey Roar musim 2011-12


Pemain dan Pelatih 

 Goal Keepers
A.REDMAYNE
M.THEOKLITOS
























Defenders
I.FRANJIC
 
      J.HINGERT
M.ADNAN
  
         M.JURMAN
M.MUNDY
S.STEFANUTTO











M.SMITH





Midfielders
E.PAARTALU
I.NAKAJIMA

J.MEYER
L.BRATTAN
M.NICHOLS
R.VISCONTE
M.MURDOCCA
K.DANNING
T.BROICH










 Forwards
B.BERISHA
HENRIQUE

 Coaches
A.POSTECOGLO
K.STEAD
R.VIDOSIC





1 komentar: