Kamis, 13 September 2012

Panduan Bermain Football Saga 2

Ininih gan game karya anak bangsa yang patut kita support. Adalah Football Saga 2, game simulasi pemain sepakbola berbasis browser (Flash). Game ini dirilis oleh developer game asal Bandung, Agate Studio. Di sini kita akan berperan sebagai pemain sepakbola yang merintis karier dari seorang yang tidak memiliki skill apapun hingga menjadi seorang profesional, berlaga dan bertanding melawan ribuan pemain lain dari seluruh Indonesia.

Pada saat memulai permainan ada 4 posisi yang bisa dipilih (walau bukan berarti bisa langsung memilih sedari awal), yakni Forward (penyerang), Midfielder (gelandang), Defender (bek/lini belakang), dan Goalkeeper (penjaga gawang).

Di awal2, sepanjang level 1-7, kita belum bisa masuk tim manapun gan. Kita hanya perlu berlatih dan ber-challenge hingga level 8. Ada belasan Training. Pilihan Training nantinya membantu kita terpilih di lineup pertandingan sesuai posisi idaman. Jadi fokus aja ya Gan pas Training. Misal nih. Kalo agan pengen jadi Striker sehebat Wayne Rooney, rajin-rajin aja berlatih Dribbling dan Shooting. 

Selain berlatih, kita juga perlu duel agar skill kita semakin terasah. Kita bisa menantang/ditantang pemain lain lewat Challenge. Biar nggak gampang kalah ketika di-Chalange pemain lain, Set Type Challenge sesuai skill yang sedang agan asah ya

Pada dasarnya kita nggak bisa melakukan training tanpa Training Point. Training point bisa kita dapatkan setiap naik level, yaitu 6 Training Point setiap naik satu level. Nah untuk naik level, kita musti menambah XP. Sering-sering melakukan Challenge, apalagi sering menang, bakal menambah XP kita gan.


Begitu mencapai level 8, Football Saga 2 jadi game yang benar2 seru, Gan! Ada beberapa fitur penting yang unlocked pada level 8: Club, League, dan Match.
Setelah level 8, agan bisa bergabung di Club-Club yang ada (RATUSAN, GAN!). Pilih aja mau masuk yang mana. Nama2 Club mewakili kota-kota yang ada di Indonesia. Misal: Jakarta Godfather, Banyumas Gold, Palembang Blade, Berau Makassar, Denpasar Wave, dan Jayapura Pearls. Secara tidak langsung kita juga akan mengenal nama-nama kota di Indonesia gan ... 

Untuk masuk ke sebuah klub tidak semudah yang dibayangkan. Setelah Join, kita musti bersabar sampe diterima oleh Manager. Tapi kalo klub itu ngga ada ownernya, kita bisa langsung jadi member setelah join.

Posisi Kunci di Club :

Di tiap Club di Football Saga 2 ada 3 posisi kunci, Gan. Yaitu Owner, Manager, dan Captain.

Owner = Pemain yang memenangkan sebuah Club dari lelang. Dia bisa menentukan siapa member Club nya yang layak jadi Manager dan Captain.
Manager = Pemain yang menyeleksi member-member baru yang apply ke Club. Bisa dipecat oleh Owner, jadi jangan ngaco yah menolak/menerima aplikasi member baru.. 
Captain = Pemain yang menentukan lineup member-member dalam formasi pertandingan. Ini posisi penting, Gan. Kalau salah menentukan lineup, bisa-bisa Club-nya kalah mulu, dan efeknya adalaaah... tau sendirilah :D

Saat ini ada 2 League di Football Saga 2 : Specs League dan Nusantara League. Tapi hebatnya kedua liga ini tak saling berseteru dan tak saling menyalahkan, nggak seperti ...  emm o_o

Tiap Club harus berjuang jadi yang teratas di Divisi. Di akhir season, ada promosi (4 Club teratas di sebuah divisi) akan naik ke Divisi atas pada season berikutnya. Ada juga degradasi (4 Club terbawah di sebuah divisi) akan turun ke Divisi bawah pada season berikutnya.


Misal nih, Gan.
Serpong United sedang berada di Divisi III Liga Specs. Kalau di akhir season pertama Club ini ternyata berada di urutan 4 teratas, di season kedua mereka pindah ke Divisi II Liga Specs.
Surabaya Shark sedang berada di Divisi I Liga Nusantara. Kalau di akhir season pertama Club ini ternyata berada di urutan 4 terakhir, di season kedua mereka pindah ke Divisi II Liga Nusantara.


Match-nya dibuat dengan live animation. Pada hari dan jam yang sudah ditentukan (jadwalnya ada di http://www.footballsaga.com), Agan2 bisa nonton Match itu langsung dari browser. Tapi nggak bisa mengontrol gerakan pemain kaya PES atau FIFA ya, Gan.

Saat Match berlangsung, Agan juga bisa ngobrol dengan semua rekan2 se-Club atau dengan pemain lain dari Club lain lewat fitur Chat System.


Oya selain dengan Equip, agan bisa menaikan Skill dengan menggunakan Skill Card. Skill card adalah kartu yang dapat agan gunakan untuk menambah stat, dalam jangka waktu tertentu.


Skill Card juga terbagi atas beberapa tingkatan yaitu Element, Basic Skill, Power Play, Advance Pro, Dialy Pro. Terus bedanya apa ? Bedanya ada pada Effect, Active Time, dan Cool Down. biasanya semakin besar Effect yang diberikan maka Active time akan semakin panjang dan Cool Downnya juga akan semakin lama.


Ini buat agan-agan yang senang bermain dengan peluang, di Football Saga 2 menyediakan fitur Fortune Box.  Fortune Box adalah mesin keberuntungan dan dari Fortune Box agan bisa mendapatkan berbagai macam item, mulai dari Energy Drink, Card, Equip, Gold, Condition Drink, Repair Kit, dan kalau agan beruntung agan bisa mendapatkan Star.

Sekian Gan, kalo belum jelas sama penjelasan ane, kunjungi aja http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15734387

Tidak ada komentar:

Posting Komentar